Senin, 21 November 2016

WEREWOLF GAME (Tokoh)

Halo semua. Kali ini saya akan berbagi sebuah game psikologi yang mungkin cukup terkenal di kalangan anak muda. Werewolf Game merupakan sebuah permainan yang berfokus pada kemampuan akting dan bernegosiasi. Nah dalam postingan ini saya akan sharing mengenai tokoh-tokoh yang ada di dalam game ini dan langkah-langkah bermainnya.

TOKOH-TOKOH DASAR WEREWOLF GAME

1. God/Tuhan/Moderator

Karakter ini adalah yang memimpin permainan. Dialah yang memiliki kewajiban mengatur jalannya permainan dari awal hingga akhir. Moderator memiliki kendali penuh atas permainan, jadi dia bebas menggiring permainan ke arah mana agar permainan menjadi lebih seru. Biasanya orang dipilih menjadi moderator merupakan orang yang sudah menguasai permainan dan peraturan-peraturan di dalamnya ataupun dipilih secara acak.

2. Villager

Seperti namanya, villager memiliki arti yaitu seorang warga desa. Villager merupakan warga desa biasa yang tidak memiliki kemampuan lebih apapun. Peran dari villager hanyalah sebatas mengajukan pendapat dan voting. Villager dalam permainan ini merupakan tokoh baik dan bisa terdapat lebih dari 1 orang.

3. Seer

Seer atau dalam bahasa Indonesia disebut Cenayang, merupakan villager yang memiliki kemampuan menerawang hanya 1 orang pada setiap sesi malam hari untuk menemukan werewolf. Seer merupakan tokoh baik dan hanya terdapat 1 tokoh dalam satu permainan.

4. Guardian

Guardian merupakan villager yang memiliki tugas tambahan yaitu melindungi warga desa. Sama seperti seer, guardian hanya bisa melindungi 1 orang setiap sesi malam dan hanya terdapat 1 tokoh guardian dalam sebuah permainan.

5. Werewolf

Werewolf merupakan tokoh jahat di permainan ini. Diceritakan bahwa werewolf akan berbaur dan menyamar sebagai warga desa pada siang hari, dan akan berubah menjadi werewolf pada malam hari. Ketika berubah menjadi werewolf pada malam hari, tokoh ini harus memilih 1 orang yang akan dibunuh (dikeluarkan) dalam permainan ini.

TOKOH-TOKOH TAMBAHAN WEREWOLF GAME

1. Lycan/Lonewolf

Diceritakan bahwa ada seseorang yang tidak mengetahui bahwa dirinya memiliki darah werewolf. Pada awal permainan, tokoh ini merupakan warga desa biasa (tokoh baik), namun ketika seer menerawangnya, maka yang terlihat adalah ia seorang werewolf. Ketika werewolf memilih lycan saat sesi malam hari, maka lycan akan berubah menjadi werewolf.

2. Little Boy/Girl

Diceritakan di sebuah desa, setelah mendengar kabar bahwa di desa mereka terdapat werewolf, ada seorang anak yang tidak bisa tidur dengan nyenyak karena rasa penasaran sekaligus ketakukan akan kehadiran werewolf. Ketika malam hari, tokoh ini memiliki hak untuk mengintip siapa werewolfnya, namun dengan konsekuensi bisa diketahui oleh werewolf dan bisa langsung dibunuh olehnya.

3. King

King merupakan tokoh tambahan yang memiliki tugas menjadi pengeksekusi terakhir. Semua keputusan vote akan disahkan oleh tokoh ini. Sistemnya ketika siang hari telah dilaksanakan vote, maka eksekusi akan ditunda sampai sesi siang berikutnya. Moderator akan bertanya kepada king apakah vote tersebut disetujui atau tidak dan king akan memberikan jawaban berupa kode
yang telah disepakati sebelumnya. Tokoh king ini tidak boleh diketahui oleh siapapun.

4. Hunter

Diceritakan bahwa ada seorang warga desa yang berprofesi sebagai seorang pemburu. Sehari-hari pekerjaannya ada berburu hewan-hewan di hutan. Suatu ketika ia dituduh oleh sebagian warga desa bahwa ia adalah werewolf, dan akhirnya warga desa sepakat untuk mengeksekusinya. Karena tidak terima dengan hasil tersebut, si Hunter pun mengambil senapannya dan membunuh 1 orang lainnya. Tokoh ini cocok dimainkan ketika jumlah pemainnya banyak, karena ketika ia kena vote, maka akan keluar 2 orang (si Hunter dan yang dipilih oleh hunter untuk ikut keluar dari permainan).

5. Gunner

Tokoh ini hampi mirip dengan tokoh Hunter. Jika hunter hanya akan membunuh ketika ia kena vote, Gunner ini berbeda. Diceritakan bahwa ada seorang pendatang yang memiliki hobi yaitu menembak dari kejauhan (Sniper). Namun ia hanya memiliki 2 peluru, setiap peluru harus digunakan untuk membunuh 1 orang pada malam pertama dan malam kedua. Sistem permainnya adalah pada malam pertama, Gunner harus memilih 1 orang untuk dibunuh, lalu pada siang harinya akan diumumkan bahwa ada warga desa yang mati ditembak oleh gunner dan identitas gunner harus disebutkan siapa orangnya. Namun gunner hanya punya 2 peluru untuk menembak yang artinya kemampuannya sebagai gunner hanya untuk 2 malam saja, setelah itu ia berubah menjadi villager. Sama seperti hunter, tokoh ini cocok digunakan pada permainan dengan jumlah pemain yang banyak.

6. Bomb man

Diceritakan ada seorang warga desa yang berprofesi sebagai penggali tambang dan memiliki bakat untuk membuat sebuah bom. Suatu ketika ia dituduh menjadi seorang werewolf, lalu sebelum dieksekusi, ia pun meledakkan dirinya dan 2 orang di sekitarnya ikut mati terkena ledakan tersebut. Tokoh ini akan aktif sama seperti tokoh hunter yaitu pada saat ia terkena vote. Perbedaannya dengan hunter adalah, jika hunter keluar dari permainan karena kena vote bisa mengeluarkan 1 pemain secara bebas, sedangkan bomb man jika keluar dari permainan karena vote otomatis 2 pemain di sebelah kanan dan kirinya akan ikut keluar dari permainan.


Masih banyak tokoh-tokoh tambahan lainnya yang bisa kalian ciptakan sendiri, namun yang terpenting tidak boleh terlepas dari pokok permainan dan peraturannya. Untuk Kartu Werewolf Game bisa kalian lihat di toko-toko online, atau kalian bisa mencetaknya sendiri, atau bisa menggunakan potongan kertas yang ditulisi nama tokohnya kemudian digulung. Nah untuk langkah-langkah bermain dan aturan-aturannya akan saya bahas pada postingan berikutnya. Terimakasih

4 komentar: