Minggu, 16 Oktober 2016

Pengantar Sosial Media

Menurut wikipedia, media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Secara umum, sosial media merupakan wadah seseorang untuk berbagi berbagai informasi kepada masyarakat luas secara online, tidak terbatasi oleh jarak dan waktu. Untuk saat ini, sosial media yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah wiki, blog, dan jejaring sosial. (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial)

Andreas Kaplan & Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0, dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content.”. (sumber: http://naritarosianadea.blogspot.co.id/2015/10/artikel-mengenai-media-sosial.html)

Adapula menurut Antony Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerja sama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat. Tak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diri dan kebutuhan menciptakan personal branding. (sumber: http://rzaharani.blogspot.co.id/2013/11/makalah-media-sosial.html).


Menurut saya media sosial adalah sebuah media online yang membantu setiap individu atau setiap orang dalam berkomunikasi tanpa terbatasi oleh jarak dan waktu. Media sosial mampu membantu individu dalam menyampaikan dan memperoleh berbagai informasi dengan lebih cepat. Media sosial pula selain untuk berkomunikasi namun bisa menjadi sarana untuk berbisnis dan membentuk sebuah komunitas.

Media Sosial memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet;
Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper;
Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya; dan
Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.

Media sosial teknologi mengambil berbagai bentuk termasuk majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, podcast, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark sosial. Kaplan dan Haenlein menciptakan skema klasifikasi untuk berbagai jenis media sosial dalam artikel Horizons Bisnis mereka yang diterbitkan dalam 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein ada enam jenis media sosial, antara lain :
1. Blog
Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web). Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diperbaharui secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi.

Blog memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
Memiliki Nama dan Alamat yang bisa diakses secara online;
Memiliki tujuan;
Memiliki isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya;
Postingan atau isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting);
Isi Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog.
(Sumber : http://cara-buat-blog-di.blogspot.co.id/2011/01/pengertian-blog.html)

2. Wiki (Proyek Kolaborasi)
Wiki adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu.

Menurut Ward Cunningham, sebuah situs web merupakan wiki jika memiliki ciri-ciri berikut:
Wiki memungkinkan pengguna untuk mengubah sebuah halaman maupun membuat halaman baru dalam situs web, dengan menggunakan peramban web;
Wiki dapat menunjukkan keterkaitan antara sebuah halaman dengan halaman lainnya, menggunakan pranala dalam halaman;
Wiki mengundang pengunjung untuk ikut terlibat dalam membuat dan berkolaborasi yang membangun situs web tersebut.
(Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Wiki)

3. Situs Jejaring Sosial
Jejaring sosial diartikan sebagai sebuah sistem struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individu atau organisasi. Jejaring sosial merupakan sebuah struktur sosial atau tatanan sosial di mana individu ataupun organisasi yang terlibat di dalamnya memiliki hubungan yang spesifik. Dengan adanya jejaring sosial, manusia yang memiliki kesamaan sosialitas dapat saling berhubungan.
Macam-macam jejaring sosial yaitu Facebook, Path, Twitter, Pinterest, Instagram, Flickr, Youtube, Linkedln, dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri, jejaring sosial Facebook meraih peringkat pertama sebagai jejaring sosial yang paling banyak diakses dari seluruh jejaring sosial yang ada. Setiap jejaring sosial memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing. Namun pada umumnya setiap jejaring sosial berfungsi untuk mengirim pesan, photo, video, chatting, blogging, serta forum diskusi.
(Sumber : https://www.idjoel.com/pengertian-jejaring-sosial-dan-macam-macam-jejaring-sosial/)

4. Virtual game world
Dunia virtual, dimana mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk avatar–avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. Contohnya game online.

5. Virtual social world
Dunia virtual yang dimana penggunanya merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan lebih ke arah kehidupan, Contohnya second life.
(sumber: http://rzaharani.blogspot.co.id/2013/11/makalah-media-sosial.html)

Banyak sekali manfaat sosial media. Hampir segala sesuatu selalu berhubungan dengan Sosial media. Belajar, bekerja, rekreasi, bisnis, istirahat, marketing, semua selalu berhubungan dengan Sosial media. Namun ada satu hal yang akan kita bahas lebih dalam lagi. Yaitu pentingnya Sosial media bagi sebuah bisnis online. Sosial media adalah salah satu penentu kesuksesan sebuah website atau blog. Sosial media dapat menghubungkan antara informasi dengan pembaca. Sosial media memegang peranan penting bagi pertumbuhan bisnis. Terlebih di United States, hampir semua sektor selalu berhubungan dengan Sosial media. ada beberapa manfaat dari media sosial, yakni diantaranya :

Sosial Media bagi Pendidikan.
Sosial media dapat membantu kita dalam belajar. Penulis sendiri sering menggunakan sosial media untuk saling bertukar ilmu dengan banyak orang. Apalagi ketika tugas berkelompok, kita bisa diskusi di dalam sebuah forum di jejaring sosial untuk membahas tugas tersebut bersama teman-teman satu kelompok dari mana saja.

Sosial media bagi Perekonomian.
Sosial media memegang peranan penting dalam dunia bisnis. Sosial media terbukti mampu menggantikan peranan televisi. Kita bisa memasarkan produk kita secara cuma-cuma melalui Sosial media. Kita bisa menjaring lebih banyak lagi customer melalui Sosial media.

Sosial Media dalam Dunia Traveling.
Bagi kalian yang ingin berwisata di suatu tempat dan belum tahu sama sekali mengenai informasi apapun dari tempat tersebut, sosial media lah yang berperan dalam hal pemberian informasi tersebut. Kita bisa mencari informasi mengenai tempat wisata yang ingin kita kunjungi. Selain itu kita juga bisa memberikan informasi mengenai tempat wisata yang ada di daerah kita, sehingga bisa diketahui oleh masyarakat luas.

Sosial media di bidang Pekerjaan.
Sosial media juga memegang peranan penting dalam sebuah pekerjaan. Kita bisa mengumumkan perubahan jadwal kerja dari Sosial media. Keuntungan menggunakan Sosial media adalah, Gratis, Up to date, dan mudah. Kita tidak perlu melakukan sms ke banyak orang, atau menelfon banyak orang saat ada perubahan jadwal kerja. Kita bisa melakukannya di Sosial media. (sumber: http://www.wirasejati.com/manfaat-sosial-media.aspx)

Sosial media dalam Penyaluran Hobi
Sosial media sangat berguna untuk mengembangkan hobi kita masing-masing. Dari sosial media, kita bisa belajar secara otodidak dengan menyaksikan video-video tutorial, bisa mengekspresikan keahlian kita, dan bisa bergabung dengan komunitas-komunitas dengan lebih mudah, serta masih banyak lagi yang bisa kita gunakan dari sosial media sebagai media penyaluran hobi kita.

Sosial Media dalam Menggantikan Fungsi Buku Diary
Bagi generasi 80-90an pasti sudah gak asing lagi dengan buku diary. Yap, buku ini biasanya berisi curhatan-curhatan dari si pemilik tentang perasaannya. Bisa berisi curhatan sedih, curhatan jatuh cinta, atau curhatan yang menyenangkan. Nah, saat ini fungsi diary sudah hampir punah, dan dapat digantikan oleh sosial media. Bukan rahasia lagi kalau banyak pengguna sosial media yang menulis curhatan-curhatan mereka, seperti mengeluh, sedih, jatuh cinta dan saat bahagia. Karena mudah dalam menggunakannya, maka sosial media pun sering menjadi tempat penggunanya untuk curhat.

Sosial Media untuk Meminta Bantuan
Pengguna sosial media sangatlah banyak. Jumlahnya ratusan juta. Dan cukup lebih beberapa ratus atau beberapa puluh ribu penggunanya berdomisili di sekitar anda. Hal ini bisa dimanfaatkan anda dalam meminta bantuan. Contohnya adalah ketika kendaraan anda mogok di daerah tertentu, anda bisa meminta bantuan pada kerabat atau pengguna sosial media lainnya untuk membantu anda. Atau ketika kehilangan sesuatu yang sangat penting, kita bisa mem-posting ¬mengenai berita kehilangan di sosial media.

Sosial Media Untuk Mencari Uang
Nah, ini merupakan manfaat sosial media yang sedang ramai-ramainya dinikmati oleh penggunanya. Mencari uang. Bagaimana caranya? Caranya sangatlah mudah. Anda hanya tinggal mempromosikan usaha Anda di sosial media. Buatlah iklan ada semenarik mungkin agar banyak calon pembeli yang tertarik. Selain itu, Anda juga bisa menjual barang yang akan anda jual di sosial media. Cukup berikan foto dari barang yang Anda jual, maka pengguna lain akan membeli dagangan Anda.
Tidak adanya pajak yang dipungut dari promosi dan marketing pada sosial media membuat para pengguna sosial media dapat mencari uang dengan leluasa dengan menggunakan sosial media. Hanya bermodalkan sosial media dan teknik marketing yang baik, maka pembeli pun akan datang dengan sendirinya.

Sosial Media dalam menemukan teman baru dan teman lama
Ini salah satu manfaat sosial media yang sangat menarik. Dari hasil bermain di sosial media, Anda bisa mendapatkan teman-teman baru yang mungkin cocok dengan Anda. Teman-teman baru ini bisa saja diperoleh dari hasil iseng-iseng dalam menggunakan sosial media.
Kemudian, sosial media terkadang bisa membawa kita untuk bertemu teman lama, teman masa kecil, partner bisnis yang lost contact, bahkan bisa bertemu dengan saudara kandung yang terpisah lama. Ada beberapa kejadian, dimana dua orang saudara kembar yang hidupnya terpisah sangat jauh dan tidak saling mengenal, malah akhirnya bisa bertemu di dalam sosial media. Atau ada juga kejadian ketika kita melihat nama yang cukup familiar dan pernah kita kenal, dan ternyata itu adalah teman anda di masa kecil! Senang sekali bukan? Bisa bertemu dengan teman baru atau teman lama Anda berkat sosial media. (sumber: http://manfaat.co.id/10-manfaat-sosial-media-di-berbagai-bidang)

Namun sebenarnya media sosial juga banyak dampak negatifnya, dari beberapa kasus yang sudah dialami di dunia ini banyak sekali kejahatan yang pernah dialami manusia dengan menggunakan media sosial. Meskipun media dirasa canggih namun tetap membuat efek yang sangat berbahaya pula bagi pengguna. Dampak negatif dari media sosial antara lain :

Kecanduan situs jejaring sosial
Kecanduan bermain  facebook, twitter, line, dan lainnya juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri. Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara kerja gen, membingungkan respons kekebalan, level hormon, fungsi urat nadi, dan merusak performa mental.

Tidak dapat memilah waktu
Seseorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat menimbulkan kondisi fisik yang lemah, bahkan obesitas.

Kerusakan fisik
Kerusakan ini juga sangat mungkin terjadi. Bila menggunakan mouse atau memencet keypad ponsel selama berjam-jam setiap hari, seseorang dapat mengalami cedera tekanan yang berulang-ulang. Penyakit punggung juga merupakan hal yang umum terjadi, pada orang-orang yang menghabiskan banyak waktu duduk di depan meja komputer.

Kurangnya interaksi di dunia luar
Media elektronik, seperti komputer, laptop, atau handphone (ponsel) juga menghancurkan secara perlahan-lahan kemampuan anak-anak dan kalangan dewasa muda untuk mempelajari kemampuan sosial dan membaca bahasa tubuh. Maksudnya adalah seseorang akan mengalami pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit per hari-nya menyebabkan jumlah orang yang tidak dapat diajak berdiskusi mengenai masalah penting, menjadi semakin meningkat setiap harinya.

Kejahatan dunia maya (cyber crime)
Seiring berkembangnya teknologi, berkembang pula kejahatan. Didunia internet, kejahatan dikenal dengan nama cyber crime. Kejahatan dunia maya sangatlah beragam. Diantaranya, carding, hacking, cracking, phising, dan spamming.

Semenjak situs jejaring sosial seperti yang disebutkan diatas sangat menyedot perhatian publik. Sebagian besar menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengunjungi situs tersebut. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengatasi kecanduan jaringan sosial ini seperti dengan membatasi waktu penggunaan internet, terutama situs jaringan sosial.
Kita juga perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak sehingga kita tidak menjadi orang yang mencandu akan jejaring sosial. Sebaiknya para pengguna situs jejaring sosial ini tidak harus berhenti total untuk tidak menikmati situs tersebut, namun lebih bijak kalau secara perlahan untuk menguranginya yaitu dengan mengurangi jam bermain Facebook, Twitter, dan lain-lain. (sumber: http://vinda-mystory.blogspot.co.id/2012/10/dampak-media-sosial-terhadap-dunia.html  dan http://artikeldanopini.blogspot.co.id/2010/06/situs-jejaring-sosial-dan-dampak.html)

0 komentar:

Posting Komentar